Bentuk-bentuk Pasar Persaingan Sempurna, Monopoli, Ini Dia Ciri-cirinya

Maubusiness.com – Bicara bentuk-bentuk pasar tentu kita berbicara tentang ekonomi mikro. Pengertian ekonomi mikro dapat kalian cek lah di link tersebut hehe.

Setelah kemarin kita belajar tentang macam-macam elastisitas, kali ini kita akan bahas seputar pasar nih! Akan tetapi, ini bukan pasar yang suka bikin macet atau tempat jualan yang kurang rapih itu loh yaa. Di bawah ini daftar isi materi yang akan kita bahas.

Pasar saat ini pun sangatlah bervariasi, saat teman-teman belanja di e-commerce, itu contoh pasar yang strategis untuk para pemilik bisnis.

Dalam dunia bisnis yang kompetitif apalagi di abad ke-21 ini, persaingan merupakan hal yang umum terjadi. Itu dibuktikan dengan adanya iklan-iklan produk secara masif yang dipublikasikan di berbagai saluran media tak terkecuali media sosial.

Setiap unit bisnis pastinya saling bersaing untuk menjadi yang terbaik dalam hal inovasi, kualitas produk, dan juga layanannya. Berbagai hal ini dilakukan agar bisa menjadi pilihan nomor satu bagi target pasarnya.

bentuk-bentuk pasar yang harus kalian tahu
Photo credit: pixabay.com/users/chriswanders-13539469

Artikel kali ini bakal membahas seputar bentuk-bentuk pasar dalam dunia ekonomi. Mulai dari pasar persaingan sempurna hingga tidak sempurna yang mana tidak sempurna masih terbagi-bagi lagi.

1. Pasar Persaingan Sempurna

Pasar persaingan sempurna adalah kondisi di mana didalam pasar terdapat banyak penjual dan pembeli juga produk yang ditawarkan bersifat sejenis. Contoh barang yang biasa diperdagangkan dalam pasar ini adalah ikan, beras, dan sebagainya.

Pasar persaingan sempurna sendiri tergolong pasar yang sangat seimbang, di mana tingkat persaingan antarpenjual berada di titik yang sama. Agar bisa mengidentifikasi lebih mudah, berikut ciri ciri dari pasar persaingan sempurna atau perfect competition market:

Ciri-ciri Pasar Persaingan Sempurna

  • Jumlah penjual dan pembeli sangat banyak
  • Barang yang diperdagangkan bersifat homogen atau sejenis
  • Setiap unit usaha dengan mudah keluar dan masuk pasar
  • Laba yang diperoleh para pedagang bersifat normal dan jika mengalami rugi dapat terminimalisir
  • Tidak ada peran pemerintah dalam pembentukan harga
  • Penjual hanya bisa menjadi price taker. Sebab harga yang tercipta dari harga keseimbangan yang terbentuk dari pertemuan antara permintaan dan penawaran. Cek materi ini tentang apa itu harga keseimbangan.
  • Kedua belah pihak memiliki informasi yang lengkap tentang kualitas, informasi, dan harga produk

Bentuk pasar persaingan sempurna sendiri susah disaksikan dalam kehidupan perekonomian saat ini. Hanya teori di buku-buku. Hal ini disebabkan pembeli tidak bisa memperoleh informasi tentang produk secara real-time.

Lalu sekarang para petinggi sudah memilki wewenang menentukan harga batas bawah atau batas atas untuk keberlangsungan perekonomian negara.

Selanjutnya kita akan membahas mengenai Pasar Persaingan Tidak Sempurna yang memiliki banyak macam.

Kita mulai dari pengertiannya; pasar persaingan tidak sempurna adalah jenis pasar yang memiliki penjual terbatas, tetapi banyak sekali pembelinya. Pasar ini tergolong mudah ditemukan karena memang hampir semua pasar di seluruh tempat berlabel tidak sempurna.

Mengapa disebut sebagai tidak sempurna? Dikarenakan ada kekurangan dari ciri pasar persaingan sempurna. Jadi, diasumsikan sebagai pasar persaingan tidak sempurna dan di pasar ini barang yang diperjual belikan bersifat beragam dan terdiferensiasi.

Yang dapat menentukan nilai jual barang hanya penjual barang sendiri bukan dari titik keseimbangan antarpermintaan dan penawaran sehingga konsumen tidak dapat berperan.

Pasar persaingan tidak sempurna punya tanda yang dapat dikenali loh. Berikut ciri-cirinya:

  • Jumlah pembeli banyak, tetapi penjualnya terbatas
  • Hambatan masuk pasarnya tinggi
  • Produk yang dijual ada yang bersifat homogen dan ada yang berbeda-beda
  • Perusahaan dapat mengambil peran sebagai penentu harga/price maker
  • Adanya pembaharuan kualitas dari produk

Pasar persaingan tidak sempurna ini terpecah lagi menjadi tiga golongan yang sama dengan dibahas pada saat pelajaran ekonomi. Ada tiga jenis pasar pasar yang akan kita jelaskan secara detail tiap-tiap pasar.

2. Pasar Monopoli

Bentuk-bentuk pasar berikutnya adalah Monopoli. Sesuai dengan namanya yang berasal dari bahasa Yunani (mono) yang berarti satu penjual. Penjual yang tidak ada saingannya ini bisa bebas menentukan harga produknya dan tentu tidak ada barang pengganti dan dapat menguasai seluruh sumber daya yang tersedia.

Perusahaan yang berkecimpung di golongan ini tentunya mendapatkan laba super normal karena para masyarakat atau konsumen hanya bisa membeli produk di perusahaan itu.

Pasar monopoli juga terbagi menjadi dua yakni yang Monopoly by law atau dikuasai oleh negara karena bertanggung jawab pada hajat hidup satu rakyat negara.

Kedua yakni Monopoly by nature atau berdasarkan posisi dan dukungan dari letaknya. Contoh nyata pemain dalam industri ini yaitu PLN (Pemasok listrik), PDAM (Penyuplai air), PT.KAI (Industri kereta), dan lainnya.

Ciri-ciri Pasar Monopoli

  • Hanya ada satu pihak di tiap industri di dalam persaingan ini. Memang setiap satu kategori industri hanya ada satu pemain saja yang diperbolehkan untuk berjalan
  • Tidak adanya produk pengganti. Bagaimana mau mencari alternatifnya bila yang menjual produk itu hanya satu penjual saja. Seperti listrik misalnya, jika ingin menggunakan selain dari PLN, maka kita harus bisa menciptakannya dengan ide sendiri yang tentunya ribet
  • Sangat sulit untuk menembus pasar. Untuk bisa berkecimpung dalam pasar ini terasa sangat sulit karena selain membutuhkan perizinan yang berbelit juga butuh modal dan segala sumber daya yang sangat besar
  • Menjadi penentu harga (Price maker). Sudah jelas ya kenapa jadi penentu harga karena mereka satu-satunya penjual sehingga tak perlu memikirkan harga pesaingnya
  • Tidak adanya pemasaran. Badan usaha yang bermain di sektor ini tak perlu mengiklankan produknya karena merekalah yang memegang kekuatan pasar

3. Pasar Oligopoli

What is an Oligopoly? Sedikit persamaan dengan pasar monopoli, pasar Oligopoli terdapat beberapa penjual dan banyak pembeli. Pengertian Oligopoli sendiri adalah pasar yang dikuasai oleh beberapa penjual berskala besar dan memiliki pangsa pasar tersendiri. Barang yang ditawarkan pun ada yang sejenis dan ada yang berbeda corak tergantung jenis oligopolinya.

Jenis oligopoli terbagi menjadi dua, yakni Oligopoli murni yang mana barang yang dijual bersifat identik, berbeda merk dagang saja. Contoh barangnya ialah semen atau produk mentahan.

Selanjutnya yakni Oligopoli pembeda, maksudnya barang barang yang disediakan masing masing memiliki corak atau ciri khas, misalnya di industri televisi dan telepon seluler.

Supaya sobat lebih paham, berikut ciri-ciri dari pasar oligopoli:

Ciri-ciri Pasar Oligopoli

  • Promosi atau advertising harus dilakukan. Pengiklanan dibutuhkan untuk produk yang memiliki ciri khas tersendiri seperti televisi X yang punya gambar yang jernih. Dibutuhkannya iklan agar para calon pembeli tahu kelebihan produknya.
  • Produk yang diproduksi ada sejenis maupun berbeda jenis. Ini tergantung dari struktur pasarnya karena ada pasar di dalam pasar, yakni ada yang masih jual barang mentah seperti bahan baku pakaian, bangunan, dan ada yang menjual produk berupa barang siap pakai misalnya rokok dan kendaraan bermotor.
  • Jumlah perusahaan yang ‘bermain’ sedikit. Biasanya jumlah maksimal yang tergolong pemain di Oligopoli ada 10. Jadi, tidak terlalu padat sekali penjualnya, tetapi tetap saja untuk masuk ke dalam pasar persaingan ini sulit karena selain butuh riset dan analisis produk dan pasar yang benar dan juga membutuhkan modal yang tidak sedikit.

4. Pasar Monopolistik

Terakhir yang kami bahas untuk sobat ialah pasar persaingan monopolistik. Jika berdasarkan teori, pasar monopolistik adalah pasar yang memiliki banyak penjual juga banyak pembeli. Jenis pasar ini timbul karena adanya pembeda antarproduk seperti jenis kemasan, merk jual, dan banyaknya variasi dari satu produk.

Ambil contoh pada snack, penjual snack sudah bejibun dan pada tiap produk yang dijual berasal dari supplier berbeda dan di tiap satu produk yang terjual ada berbagai rasa. Itu contoh mudah yang bisa dimengerti.

Ciri-ciri Pasar Monopolistik

  • Banyak penjual dan beragam kategori usia pembeli. Penjual yang sangat banyak karena faktor produksinya tidak dikuasai bebas diperoleh kepada siapa saja dan juga ide untuk berjualan tidak terlalu rumit.
  • Tidak ada hambatan masuk atau keluar pasar. Dalam pasar ini, tidak terlalu diperlukan izin usaha untuk mulai berjualan dikarenakan lingkup penjualnnya masih relatif kecil. Lalu juga dengan sedikit modal uang dan tenaga kita sudah bisa menjadi penjual di pasar ini. Dapat keluar dengan mudah juga karena omset yang didapat juga naik turun.
  • Menjadi pengambil harga. Istilah bahasa Inggrisnya price taker, artinya para penjual yang ingin meraih hati para calon konsumen maka harus menyesuaikan harga dagangan dengan yang sudah ada. Sebab, pastinya kebanyakan pembeli memprioritaskan perhatiannya kepada barang termurah baru memikirkan kualitasnya.
  • Produk yang dijual beragam. Keanekaragaman produk dapat terlihat dalam pasar ini, baik dari bentuknya, maupun mutu barangnya.

Setelah kita membahas bentuk-bentuk pasar, mari kita coba jawab permasalahan atau soal-soal yang ada yang mana kerap kali menjadi bahan diskusi terbuka.

Contoh Soal Bentuk-bentuk Pasar

1. Pasar dapat dikelompokkan menjadi dua bagian yaitu? Kalau jawaban umumnya, yakni pasar tradisional dan modern. Namun, bisa juga menjadi pasar persaingan sempurna dan tidak sempurna seperti yang telah kita bahas.

2. Jika di suatu pasar terdapat banyak penjual dan pembeli untuk barang-barang tertentu pasar tersebut dinamakan pasar? Nah, kalau ini mirip dengan penjelasan pasar persaingan sempurna yang menjual barang tertentu yang homogen.

3. Sebut dan jelaskan jenis-jenis pasar? Coba scroll ke atas sudah kami jelaskan secara rinci.

4. Pembeli bukan konsumen tetapi pedagang atau produsen merupakan ciri dari pasar? Kalau pertanyaan yang satu ini belum kita bahas bentuk pasarnya. Jawaban soal ini adalah Pasar Monopsoni.

5. Ciri-ciri pasar persaingan sempurna? Sudah kita bahas juga ya karakteristik pasar persaingan sempurna ini.

6. Bentuk interaksi yang terdapat di pasar adalah? Interaksi jual beli antara pembeli dan penjual. Contohnya tawar menawar harga

Itulah sekilas informasi tentang bentuk-bentuk pasar seperti persaingan sempurna dan tidak sempurna yang bisa kami bahas. Jangan berhenti disini saja ya sobat belajarnya karena sejatinya manusia tidak pernah puas akan suatu hal, begitu juga terhadap ilmu.

Leave a Reply

Close Menu