Catatan Kuliah Materi Web Development Pertemuan Pertama

Akhirnya perkuliahan semester genap ini sudah dimulai juga ya, selama liburan 2 bulan kemarin penulis sangat merindukan momen perkuliahan yang menyenangkan juga banyak kenangan hahaha :D. Karena selama liburan kemarin lebih banyak gabut dan rebahan daripada produktifnya.

Nah kayak biasanya pertemuan kuliah pertama pastinya dosen menjelaskan silabus perkuliahan untuk dipelajari satu semester kedepan. Pada umumnya juga si dosen menceritakan latar belakang hidupnya sedikit,kenapa ia bisa mengajar di FEB Universitas Padjadjaran dan sedikit diskusi yang terkait dengan Web Development. Oiya kami belum memperkenalkan dosennya, perkenalkan namanya Cevi Hardian, beliau merupakan seorang praktisi di bidang Data yaitu Data Analyst . Beliau sendiri merupakan seseorang lulusan universitas luar negeri, HTW Berlin University of Applied Sciences.

materi web development

Oh iya ada yang ketinggalan,kalau pertemuan pertama masih membahas teknik belajar dan kontrak kelas. Palingan materi yang dibahas tentang matkul tersebut masih yang dasarnya.

Saat awal awal sekali,dibuatlah kesepakatan dari Pak Cevi dan mahasiswa yang saling setuju. Isi kesepakatannya sendiri antara lain :

  1. Untuk UTS dan UAS tidak ada paper test seperti mata kuliah lainnya,tetapi diganti dengan project-based learning.
  2. Project basednya juga sudah ditentukan garis besarnya, contohnya web pribadi yang berisikan konten pribadi, forum diskusi dari komunitas tertentu, penjualan produk secara online (e-commerce) ataupun bebas tergantung dari minat mahasiswa sendiri.

Menurut penulis pribadi,hal ini merupakan kabar baik dan bahagia untuk kita semua :D. Karena jika ujian tengah dan akhir semester hanya berbasis ujian teks,itu sudah mainstream sekali. Tapi pembuatan proyek ini harus dikerjakan dengan maksimal karena menentukan nilai akhir juga.

Persyaratan untuk proyek ini sendiri ialah dengan memakai host web dengan sistem kendali git dan hosting internet gratis dari github.com . Github sendiri menawarkan repositori pribadi dan gratis di akun yang sama. Tapi nantinya di belakang nama webnya akan ada akhiran domain github.io .

Dosen juga saat di kelas membahas perkembangan Start-Up yang mana sedang naik naiknya. Berbagai StartUp selalu melakukan optimalisasi dalam layanannya dan juga inovasi dalam produknya baik itu segi manfaat dan untuk bisa bertahan dalam persaingan bisnis yang semakin ketat. Karena yang diharapkan dari adanya Start-Up yakni impact kepada masyarakat sekitarnya.

Menurut ujaran dosen,sebagai mahasiswa kita harus punya pembeda agar ‘mudah’ dilirik yang mana setiap mahasiswa pastinya memiliki daya kompetensi yang sama. Yakni pembeda yang dimaksud dosen seperti rasa ingin tahu atau ‘curiousity’ agar bisa selalu update informasi,fast learning dalam belajar suatu hal jadinya dengan waktu singkat bisa mudah untuk paham pelajaran,kreativitas dalam menciptakan sesuatu yang baru dan rasa semangat dalam membantu orang lain di lingkungan pekerjaan tidak sekedar ahli dalam suatu bidang saja.

Semoga catatan kuliah ini bisa bermanfaat buat kalian semua yaa :).

Leave a Reply

Close Menu