5+ Ide Bisnis Unik 2020 dengan Modal Minim, Cocok untuk Mahasiswa!

Maubusiness.com – Ketika seseorang telah menjadi mahasiswa, dia setidaknya pernah berbesit untuk mempunyai penghasilan sendiri. Mulai deh mencari-cari ide bisnis unik apa yang bisa dilakukan sembari mengisi waktu luang menjadi mahasiswa yang mana waktu kuliahnya sebenarnya fleksibel.

Dalam artian sehari tidak full belajar seperti saat sekolah. Berikut daftar isi yang akan kita pelajari kali ini:

Di dalam dunia yang semakin tak terduga dan bergerak semakin cepat ini, banyak terjadi perubahan-perubahan di berbagai lini kehidupan kita mulai dari gaya hidup, budaya, cara belajar, sampai cara menghasilkan uang pun sudah banyak variasi model dan caranya. Itulah yang dipikirkan mahasiswa yang butuh uang dan tantangan.

ide bisnis unik mahasiswa 2020Siapa sih di antara kita yang bisa menolak hadirnya perkembangan dunia internet yang selalu terbaharukan tiap waktunya? Siapa saja bisa mengunggah sebuah konten di dunia maya.

Bisa menjadi viral dan membuat tren baru untuk sekitarnya, seperti video Tiktok yang sekarang banyak netizen dalam negeri ataupun luar ikut meramaikannya.

Lalu juga dengan perkembangan zaman ini, internet menawarkan cara menghasilkan uang dengan modal sedikit bahkan tanpa modal sepeser pun. Bukan angan-angan belaka untuk bisa bekerja di luar kantor dan bisa bebas membuat kreasi tanpa batasan.

Tinggal bagaimana kita memoles ide secara kreatif, membuat perencanaan yang matang, dan bisa memupuk tekad kuat serta kerja keras agar hasil yang diraih maksimal.

Bagaimana suatu ide bisnis dapat diperoleh?

Sembari menunggu datangnya waktu dan kesempatan ide kita datang, kita juga harus melakukan riset dalam bisnis dan produk yang ingin ditekuni. Selain itu, kita juga perlu belajar dari kesuksesan orang lain dan kalau bisa kita ‘intip’ bagaimana cara calon kompetitor kita bisa sukses.

Selain, itu kita juga bisa bikin produk yang lebih bagus daripada pesaing yang mana ini bisa kita pelajari dengan mengikuti perkembangan tren.

Mari kita lanjut ke pembahasan utama kita.

Daftar Ide Bisnis Kreatif Berbasis Teknologi yang Dapat Menghasilkan Uang dari Internet

Toko Online

Berdasarkan data keluaran Bank Indonesia (BI) yang diunggah di situs CNBC Indonesia, transaksi di e-commerce tercatat menghasilkan perputaran uang sebanyak Rp77 Trilliun. Jumlah uang yang tidak main-main yang mana bisa membantu perekonomian.

Apalagi di tahun 2020 yang pastinya makin bertumbuh pesat, contohnya dari satu marketplace saja yakni Shopee. Strateginya yang meningkatan interaksi pengguna dengan berbagai kegunaan fiturnya dapat mencetak penjualan sebesar Rp54 Trilliun.

ide bisnis unik - toko online - shopee

Ini semua berkat antusiasme masyarakat dalam menyambut tren baru dalam berbelanja dan hasil ‘bakar uang’ seperti voucher cashback dan gratis ongkir dari marketplace. Para distributor maupun penjual barang di toko-toko seperti Tanah Abang, Pasar Senin, dan lainnya pun mulai pada beralih ke toko online karena sepinya pengunjung yang datang ke lapak mereka.

Berdasarkan penjelasan singkat di atas, ini merupakan info yang menarik buat kalian yang ingin terjun ke dalam dunia marketplace. Semakin cepat anda bergerak maka semakin baik.

Sebagai tambahan juga, kalian perlu tahu tren yang sedang terjadi dan bisa semakin meningkat ke depannya. Banyak pilihan marketplace yang kalian bisa pilih, seperti Tokopedia, Shopee, bukalapak, Blibli, dan lain-lain.

Kalian juga bisa menciptakan produk sendiri. Tipsnya pun tidak sulit, yakni tinggal cari produk yang sedang laku di pasaran kemudian kalian riset pasarnya dan cari produsen atau supplier barang itu. Setelah itu kalian tinggal menambahkan label usaha sehingga tidak melulu kalian jadi reseller barang yang udah populer.

Dropshipping

Selanjutnya ialah dropship. Sebelum lebih jauh mengulas dropship kita mulai dari pengertiannya. Dropship sendiri merupakan sistem menjual barang via online dimana kita sebagai penjual tidak perlu untuk menyetok barang di gudang.

Kita hanya memerlukan kemampuan mencari produk yang tren di pasaran, mencari supplier barangnya di marketplace juga atau di luar marketplace, menegosiasikan dengan pihak supplier untuk bisa kerja sama, dan terakhir kita tinggal mengunggah barang tersebut dengan menarik beserta tambahan deskripsi dan informasi lainnya yang menjelaskan produk itu.

Lalu, kita tinggal menentukan range harga barang yang dijual yang pasti telah include keuntungan buat kita.

Cara melakukan dropshipping

Cara kerja dropshipper:

Jika sudah ada yang memesan barang dagangan kita, lalu kita memberikan informasi penting pembeli seperti nama pembeli, alamat rumah, nomor teleponnya, dan info yang berkaitan lainnya kepada pihak supplier untuk segera diproses barangnya.

Biasanya, sekarang ini kita perlu mengeluarkan modal dahulu untuk memodali barang dari supplier ke konsumen kita karena marketplace memakai pihak ketiga dalam pentransferan uang untuk mencegah terjadinya penipuan. Barulah transferan dari pembeli masuk ke akun kita setelah barang dikonfirmasi oleh pembeli bahwa sudah diterima di tangannya.

Dengan sistem penjualan seperti ini, kita bisa bekerja di luar rumah atau bisa menjadi sampingan kita asal handphone kita bisa terkoneksi dengan internet. Sudah banyak yang sukses dengan dropshipping ini karena kerjaannya bisa secara mobile tanpa terikat waktu. Ini merupakan ide terbaik bagi kalian yang masih menjadi pekerja kantoran, mahasiswa, atau ibu rumah tangga sekalipun bisa.

Nah, tips untuk memilih barang yang cocok untuk droshipping kita perlu ketahui juga faktor yang mempengaruhi permintaan masyarakat.

Blogger

Menjadi seorang blogger bisa dikatakan gampang-gampang susah sobat. Gampang dalam membuat artikelnya karena bisa dikreasikan sebebas mungkin, tetapi susahnya itu bagaimana cara blog kita bisa mendapatkan trafik yang banyak dengan masuk halaman pertama Google.

Di antara dua hal itu ada korelasinya. Jika blog kita baik secara SEO-nya maka bisa masuk halaman pertama SERP (Search Engine Result Page) dan otomatis pengunjung bakal ramai berdatangan ke blog kita. Untung kalian mampir ke blog kami karena kami telah membuatkan seri panduan bagaimana caranya menulis artikel SEO sampai masuk halaman pertama Google.

Untuk memulai ngeblog kalian juga wajib tahu apa saja yang perlu disiapkan pertama kalinya. Seperti menyiapkan nama domain dan hosting. Ada yang gratis seperti blogspot.com yang merupakan SLD (Second Level Domain) dengan kelebihan dapat hosting gratis dari pihak Blogger dan kekurangannya yang bias kalian cari tahu sendiri.

ide bisnis unik - blogger

Jika ingin memanfaatkan fitur lebih seperti plugin, kalian bisa membuat blog atau website dengan hosting sendiri. Istilah kerennya selfhosting. Kebanyakan sih memakai CMS WordPress.org dengan custom domain .com, co.id, .id, dan TLD lainnya.

Langkah selanjutnya ialah memilih niche atau kategori untuk konten blog kalian agar punya pengunjung setia. Setelah itu kalian membuat blog dengan postingan yang menarik. Keahlian dalam penyusunan kata-kata diperlukan di sini. Selanjutnya tinggal konsisten bloggingnya. Sesekali mampir ke forum internet marketers seperti Ads.id.

Kalau kalian sudah mencapai tahap blog punya pengunjung ribuan hingga ratusan ribu pengunjung, selanjutnya kalian pikirkan bagaimana cara memonetisasi blog kalian sehingga bisa menghasilkan uang. Sebenarnya ini dipikirkan di awal sebelum membuat blog sih.

Contoh cara menghasilkan uang dari blog yang masih populer pada tahun 2020 ini adalah dengan mendaftar di Google Adsense.

Garis besar cara menghasilkan uang dari Google Adsense:

Trafik yang berlimpah -> Mendaftar di Google Adsense -> Blog direview pihak GA -> Blog disetujui -> Pasang iklan -> Iklan tampil di blog. Untuk pembayaran Adsense minimal $100 atau sekitar Rp1.300.000. Para master blogger di luaran sana bisa sampai menghasilkan puluhan hingga ratusan juta loh dari blognya contohnya mastimon.com ini.

Affiliate marketing

Ide bisnis unik selanjutnya adalah afiliate marketing. Poin ke-4 ini masih ada kaitannya dengan bahasan nomor tiga. Cara lainnya yang sobat bisa lakukan untuk menghasilkan uang ialah dengan berafiliasi.

Afiliasi ini berbasis komisi, maksudnya jika ada orang yang membeli barang lewat tautan yang kalian promosikan,maka penjual akan memberikan bagi hasil sesuai perjanjian.

ide bisnis unik - affiliate marketing

Affilliate marketing ini tidak melulu menjual barang, kalian juga bisa menawarkan berbagai jasa kepada teman-teman kalian lewat media sosial. Konsepnya juga sama dengan sebelumnya.

Cara memulai affiliate marketing cukup mudah, sobat tinggal membuat blog saja yang berfokus ke suatu niche misalkan membahas sepakbola, lalu bahaslah topik tentang suatu klub secara konsisten. Jika, sudah tampak ramai pengunjung, maka sobat bisa melakukan afiliasi dengan menaruh link produk di baris tertentu sebuah artikel.

Yang pasti harus diselaraskan produk dari afiliasi itu dengan niche artikel sobat yaa. Oh ya, lakukan kerjasama terlebih dahulu misalnya dengan Persib untuk menjual merchandisenya.

Menjual foto

Pernah kebayang ide bisnis unik nan kreatif yang satu ini? Jangan pandang sebelah mata pekerjaan ini sobat, walau terkesan mudah tinggal butuh smartphone atau kamera lalu tinggal cari objek lalu ambil momennya. Tidak semudah itu ferguso hoho.

Semua juga butuh perjuangan yang kadang tak kasat mata. Seperti fotografer harus tahu momen yang pas, sudut angle yang presisi, mengatur pencahayaaan kamera, dan tools lainnya. Ini semua dilakukan agar hasil yang didapat bisa memuaskan dan memukau mata.

Apalagi sudah banyak orang yang menekuni hobi ini karena bisnis ini dilihat dari trennya masih naik. Banyak klien yang rela mengeluarkan uang tak sedikit untuk dapatkan foto yang baik. Seperti untuk keperluan acara pernikahan, konten pemasaran sebuah produk, ataupun acara wisuda kuliah.

Menjual foto di shutterstock

Nah, sobat jika sudah ahli dalam bidang ini nantinya tinggal menaruh portofolio atau hasil foto di Pixabay, Shuttterstock, fotolia, atau bahkan Fiver yang rentang harganya kisaran $5. Agar kemampuan dan pengetahuan semakin bertambah, sobat yang hendak berkecimpung di dunia fotografi ini bisa bergabung dalam kumpulan komunitas fotografer di grup Facebook misalnya.

Freelancer

Profesi ini sebenarnya enak-enak saja dijalankan buat kalian yang memang tidak terlalu suka hiruk pikuk kerja kantoran yang kaku dan banyak aturan dan banyak tuntutan dari atasan. Bahkan ini termasuk ide bisnis unik dengan modal kecil. Akan tetapi, yang tidak enaknya ialah omongan dari tetangga sekitar yang memang masih memandang pekerjaan ini sebelah mata dan terkadang memikir yang nggak-nggak.

Padahal pundi-pundi rupiah yang dihasilkan dari bidang ini bisa menyamai kerja kantoran bahkan bisa melebihinya. Tergantung pada keahlian apa yang sobat kuasai. Ada berbagai bidang yang bisa kerja secara freelance ini.

Biasanya yang banyak permintaannya ialah dari jasa menulis artikel atau content writer karena perusahaan besar tidak merekrut penulis artikel di web secara permanen agar susunan pekerja lebih ramping. Ini menjadi celah tersendiri buat para penulis untuk kerja secara freelance alias lepas tanpa terikat suatu perusahaan.

Sobat hanya perlu pandai pandai merangkai kata dan menyusun informasi secara runtun dengan pengetahuan yang sangat luas. Lalu kalian sudah bisa memulai pekerjaan dan bakal mendapatkan komisi dari pihak klien sesuai persetujuan kedua belah pihak yang telah dilakukan pada awal pertemuan.

Sobat bisa memasang tarif untuk jasanya di berbagai situs freelancer. Saran kami jangan terlalu rendah tarif untuk jasa kalian walaupun masih pemula dan jangan pula mematok harga terlalu tinggi sampai tidak ada satupun klien yang mau menyerahkan proyeknya kepada sobat untuk diselesaikan. Pasang tarif yang sekiranya masih masuk akal.

Situs freelancer yang tersohor diantaranya ternama seperti Upwork, Sribulancer, Projects.co.id, dan Fiver untuk luar negeri.

Youtuber

Nah, kalau yang ini ide bisnis unik tetapi bukan yang jarang ada. Popularitas televisi sebagai saluran penyiar tayangan kian tergerus oleh kehadiran berbagai media online seperti salah satunya YouTube. Sbagai platform utama penyedia konten visual dari Google.

Bahkan para media swasta kini telah berinovasi untuk bisa mengikuti perkembangan zaman agar tetap bertahan dengan ikut menyiarkan berita dan yang lainnya di media seperti aplikasi android sekelas RCTI dengan RCTI+ dan juga pihak lainnya yang telah memiliki kanal YouTube.

cara menjadi youtuber sukses di tahun 2020

Ide bisnis unik berbasis teknologi ini gak boleh dipandang sebelah mata loh. Berdasarkan data statistik yang ada, YouTube telah memiliki pengguna sebanyak 1,3 milliar lebih yang berasal dari berbagai negara.

Kok bisa sebanyak itu? Karena memang lebih praktis untuk menonton tayangan secara bebas yang kita inginkan dibanding dengan televisi yang memiliki aturan jadwal sendiri.

Nah bagaimana cara memulai menjadi Youtuber hingga bisa sukses di tahun 2020 ini? Mula-mula yang harus disiapkan adalah fokus ide kontent kita. Sebenarnya bisa diriset dan dipikirkan dahulu secara matang buat tema tayangan untuk beberapa waktu kedepan. Bisa juga main dalam ranah trending yang mengandalkan tools seperti Google Trends hingga Trending Twitter.

Kendati demikian, untuk bisa mengawali karier di YouTube tidak usah terlalu memaksakan diri mempunyai kamera ataupun komputer yang memiliki spesifikasi tinggi dan berharga mahal. Cukup dengan ponsel pintar saja asal punya kamera jernih kalian sudah bisa memulai ngonten.

Yang terpenting konsisten dalam mengupload videonya juga fokus dalam sajian kontennya. Pikirkan dahulu apa yang kalian ingin sajikan kepada penonton. Pastikan juga video yang disajikan bersifat positif, berbobot, unik, dan menghibur para pemirsanya yaa.

Terus cara menghasilkan uang lewat youtube bagaimana yaa?

Cara Menghasilkan Uang Lewat Youtube dengan Aturan Baru 2020

Jika channel kalian telah memenuhi standar minimum jam tayang yakni 4000 jam dan subscriber sedikitnya 1000 pengguna, maka kalian bisa mengajukan permintaan kepada YouTube untuk mendapat akses monetisasi.

Caranya dengan mengunjungi fitur monetization kemudian mengikuti prodesur yang ada lalu menyetujuinya. Selemgkapnya cek di sini.

Ingat juga konten kalian jangan menjiplak dari Youtuber lain karena bisa melanggar hak cipta. Buatlah konten yang masih original dari diri sendiri karena kreatifitas tiap manusia berbeda-beda. Untuk mencapai jumlah jam tayang dan subscriber sebanyak itu kalian bisa lakukan dengan meningkatkan frekuensi jumlah upload atau upload video yang tengah viral.

Sebab, hal-hal viral memudahkan kalian untuk mendapatkan puluhan ribu tayangan bahkan hingga jutaan penayangan.

Sama halnya dengan influencer Blogger dan Instagram, pengikut dan audiens sobat mungkin membuka potensi income, tetapi manfaatkan juga peluang lain untuk meraih pendapatan lebih seperti misalnya mereview sebuah produk affiliate. Selain mendapat dollar dari Adsense, kalian juga dapat komisi dari review produk tersebut.

Itulah tadi pembahasan kita tadi yang cukup panjang mengenai ide bisnis unik pada tahun 2020 yang bisa dilakukan dengan modal minim dan cocok untuk seorang mahasiswa yang jadwalnya belum terlalu padat. Sebenarnya apa pun itu pekerjaannya, kita akan meraih kesuksesan asalkan mau konsisten dan menekuninya.

Ingat ya kesuksesan dan target tiap orang berbeda-beda. Misalnya ada yang telah meraih 1 juta subsciber di YouTube. Dia menganggap itu kesuksesan besar baginya. Namun, ada juga yang merasa belum puas dengan pencapaian tersebut.

Strategi dalam Menentukan Ide Bisnis

Setelah membahas panjang lebar contoh dari sebuah bisnis kreatif yang bisa kita lakukan pada tahun 2020, pasti penasaran kan gimana caranya untuk menentukan ide bisnis selanjutnya yang bisa kita seriusin.

Kita akan sebutkan strategi dalam menentukan ide bisnis yang ciamik sehingga bisa kalian terapkan sekarang juga.

Melihat tren dari data yang ada

Kita ambil studi kasus “Minuman Boba” dengan data dari Google Trends.

Setting dulu pencarian GT nya pilih negara Indonesia dalam rentang waktu 30 hari terakhir/7 hari terakhir biar datanya masih fresh. Boleh saja setting satu hari terakhir, tetapi biasanya data querynya nggak banyak.



Lihat trennya, Minuman Boba masih dalam tahap naik dan tinggi demand.

Namun, pikir dua kali kalau mau masuk ke dalam bisnis Minuman Boba karena kompetitor yang telah terjun dalam bisnis ini sudah punya ‘nama’. Kalian harus menyajikan hal unik yang tidak dimiliki kompetitor kalian.

Mengintip kesuksesan orang lain

Misalnya kalian punya website yang bermain di niche jual beli kalung murah. Conversion to sell kalian masih rendah dan ingin meningkatkannya. Bagaimana caranya? Bisa kalian intip cara kompetitor kalian yang sukses menjual lebih banyak.

Coba kalian intip keyword yang dirangking oleh kompetitor kalian lalu kalian bikin konten dan promosi yang jauh lebih baik daripada pesaing kalian itu. Cara mengintip keyword yang dirangkin bisa memakai tools dari web Ubersuggest.

Berteman dengan orang yang sudah sukses dalam bisnisnya

Kalau cara ini kalian bertanya atau kepo secara langsung bukan online seperti nomor sebelumnya. Siapa tau dengan sharing-sharing dari orang yang telah sukses dalam bisnis bisa membuat kalian termotivasi dan tidak pantang menyerah dalam mendirikan usaha dengan ide bisnis unik dan kreatif.

Leave a Reply

Close Menu