Materi Database System Pertemuan Pertama

Maubusiness.com – Singkat cerita pada semester ini kita dapat mata kuliah “Database System”. Kayaknya yang bakal dipelajari kompleks nih. Ya udah akhirnya kita memutuskan bikin catetan ini yang tujuan utamanya agar bisa dipelajari kapan pun dan siapa tau bisa buat belajar adik tingkat ntar. Jujur aja catetan gua di binder gak enak bat buat dibaca, makanya gua pindahin ke sini biar terstrukstur gitu bisa pake heading dsb.

Yang kita pelajari di pertemuan pertama matkul Database System

Seperti biasa lah kalau pertemuan pertama masih membahas teknik belajar dan kontrak kelas. Palingan materi yang dibahas tentang matkul tersebut masih basic banget.

Output: Jadi, output yang diharapkan dari materi ini adalah mahasiswa bisa paham bahwa Database Management System (DBMS) itu diperlukan dalam kegiatan sehari-hari terutama yang ada hubungannya dengan data yang melimpah.

materi database system pertemuan pertama

Btw, kita makai h2database ya. Kita lihat di websitenya sih ukuran file installer buat Windows cuman 5 MB. Jauh lebih ringan daripada XAMPP. Untuk detail lebih lanjut bisa cek di www.h2database.com.

Apa itu Database Management System (DBMS)? Gua pribadi kalau penjelasannya kurang begitu tau, tapi udah cukup sering jumpai saat memanage website dengan CMS WordPress. Soalnya WordPress.org butuh yang namanya database buat nyimpan datanya di hosting.

Penasaran gua ama DBMS deh. Akhirnya gua browsing nemu penjelasannya di Maxmanroe. Jadi, DBMS itu suatu sistem yang didesain khusus buat mengelola suatu database dan menjalankan operasi terhadap data yang diinginkan oleh banyak pengguna.

Tujuannya sih agar terhindar dari kekacauan pengolahan data yang jumlahnya besar banget dalam jaringan komputer.

Ngomongin materi database system tentu erat kaitannya dengan SQL (Structured Query Language). SQL dalam database ini berfungsi untuk mengakses maupun mengubah database. Bisa juga menjalankan, mengambil, memperbaharui, atau memasukkan data ke dalam database. Biasanya lebih dikenal dengan singkatan CRUD (Create, Read, Update, Delete).

Pada pertemuan pertama itu kita juga mengulas singkat bagaimana cara membuat tabel dalam database, mengimplementasikan data ke database pakai SQL, dan kegunaan DBMS.

Dosen sempat membahas docker. Kita penasaran dong apa itu docker yang bahkan belum pernah gua kepoin sama sekali. Lihat penjelasannya di aws.amazon.com, ternyata docker itu platform perangkat lunak yang memungkinkan kita membuat, menguji, dan menerapkan aplikasi dengan cepat. Baca penjelasan lebih lanjutnya di sana deh, kompleks banget soalnya wkwk.

Leave a Reply

Close Menu