Ini Peranan Bank dalam Mendorong Laju Pembangunan Ekonomi Nasional

Maubusiness.com – Pada saat saja lihat-lihat di Google Trends, kami melihat materi peranan bank dalam ekonomi nasional sedang naik-naiknya. Ini merupakan tanda bahwa kepekaan masyarakat tentang pembangunan ekonomi di negara kita mulai tumbuh.

Kalau berbicara tentang ekonomi nasional berarti masuk ke cabang ilmu ekonomi makro bukan ekonomi mikro ya. Pengertian ekonomi mikro sendiri adalah cabang ilmu ekonomi dengan ruang lingkup yang kecil sebatas perusahaan atau household.

Kami melihat ada sebuah soal yang menarik untuk dibahas di brainly.co.id, yaitu:

Deskripsikan peranan bank dalam mendorong laju pembangunan ekonomi nasional?

Lihat dari kata perintah soal “deskripsikan” berarti butuh jawaban yang panjang dan mendetail. Namun, jawaban singkat to the point juga sangat dibutuhkan apalagi untuk anak sekolahan yang sedang berusaha mencari jawaban soal.

Jawaban singkat:

1. Peran bank sebagai penjaga stabilitas nilai mata uang

2. Menyalurkan dana kepada masyarakat yang butuh agar dapat produktif sehingga mampu mendorong laju pertumbuhan ekonomi nasional

3. Menjadi penyedia jasa sistem pembayaran serta menjadi pihak yang mengatur dan mengawasi sistem pembayaran tersebut

4. Mencegah terjadinya inflasi dengan sebuah kebijakan

peranan bank dalam ekonomi nasional
Photo credit: pixabay.com/users/piro4d-2707530/

Peranan Perbankan dalam Perekonomian

Bank memiliki fungsi dan peranan yang penting dalam perekonomian nasional. Dalam menjalankan kegiatannya, bank mempunyai peran penting antara lain:

1. Transaksi

Dalam perekonomian, transaksi barang dan jasa tidak akan pernah terlepas dari yang namanya transaksi keungan. Di sinilah peran bank muncul. Bank menyediakan produk-produk seperti giro, tabungan, deposito, saham, dsb., yang mana merupakan pengganti uang dan sah digunakan sebagai alat pembayaran.

2. Likuiditas

Apa sih likuiditas itu? Likuiditas adalah kemampuan perusahaan dalam memenuhi kewajiban jangka pendeknya, mengutip dari pengertian di Wikipedia. Kewajiban di sini maksudnya adalah hutang. Produk yang telah disebutkan di nomor satu seperti giro dan tabungan itu memiliki tingkat likuiditas yang berbeda-beda.

Di sini peran bank sebagai pemberi fasilitas pengelolaan likuiditas kepada pihak yang sedang mengalami surplus atau kelebihan likuiditas kepada pihak yang sedang mengalami defisit atau kekurangan likuiditas.

3. Pengalihan aset

Hampir seperti nomor dua, bank di sini perannya sebagai pengalih dana atau aset unit surplus ke unit devisit. Pihak pemberi pinjaman unit surplus dapat mengatur jangka waktu pinjamannya.

Jadi, intinya mah bank berperan sebagai pengalih aset dari unit surplus (lender) kepada unit defisit (borrower).

4. Efisiensi

Kontribusi perbankan terhadap pertumbuhan ekonomi selanjutnya adalah sebagai efisiensi dalam kegiatan. Maksudnya peran bank sebagai broker adalah mencari peminjam dan pengguna modal tanpa mengubah produknya.

Jadi, bank sebagai jembatan antara dua pihak yang saling berkepentingan untuk mendapat informasi yang sempurna sehingga terjadi efisiensi biaya ekonomi.

Mengutip dari (Fahrial, Fahrial. “Peranan Bank dalam Pembangunan Ekonomi Nasional.” Ensiklopedia of Journal, vol. 1, no. 1, Oct. 2018.) bagian C. Hasil dan Pembahasan, di dalam ketentuan Pasal 4 Undang-Undang  Nomor 7 Tahun 1992 tentang Perbankan dijelaskan bahwa banka bertujuan menunjang pelaksanaan pembangunan nasional dalam rangka meningkatkan pemerataan, pertumbuhan ekonomi, dan stabilitas nasional ke arah peningkatan kesejahteraan rakyat.

Jadi, peran-peran bank yang telah kami sebutkan dari jawaban singkat dan penjabaran intinya usaha yang dilakukan untuk menuju ke arah kesejahteraan rakyat.

Oh ya, bagi yang tertarik tentang pembahasan ekonomi mikro seperti bentuk-bentuk pasar. Pasar persaingan sempurna adalah? Kalau belum tahu silakan dibaca juga ya.

Leave a Reply

Close Menu