Permintaan dan Penawaran, Pembahasan Lengkap Beserta Contoh Soal

MauBusiness.com – Apa yang kalian pikirkan kalau mendengar kata permintaan dan penawaran atau dalam bahasa Inggris-nya yaitu demand and supply. Materi ekonomi mikro ini juga sudah muncul di pelajaran SMA.

Pertama kita membahas permintaan dahulu sampai tuntas. Berikutnya membahas penawaran. Langsung saja kita ke rangkuman materi Demand and Supply. Buat materi yang nggak ada di sini seperti jenis, bisa cek Jenis-jenis Elastisitas Permintaan.

Rangkuman Materi Permintaan dan Penawaran

kurva demand and supply

Teori Permintaan

Permintaan adalah sejumlah barang atau jasa yang diinginkan atau ingin dibeli dengan tingkat harga tertentu yang berlaku di pasar tersebut dalam waktu tertentu.

Oh ya, permintaan itu dibagi menjadi dua, yaitu:

1. Permintaan Efektif (Effective demand)

Permintaan efektif ini adalah permintaan terhadap barang atau jasa yang DISERTAI dengan kemampuan daya beli konsumen.

2. Permintaan Absolut (Absolute demand)

Kalau permintaan absolut itu permintaan terhadap barang atau jasa yang TIDAK DISERTAI dengan kemampuan daya beli konsumen.

Jadi, bedanya terletak pada disertai dan tidak disertainya dengan kemampuan daya beli.

Lalu apa saja faktor-faktor yang mempengaruhi permintaan barang atau jasa? Mengutip dari dinus.ac.id, berikut daftarnya:

Faktor yang Mempengaruhi Permintaan

faktor permintaan dan penawaran

1. Harga barang X/Itu sendiri

Berubahnya harga barang itu sendiri akan mempengaruhi jumlah permintaan atas barang tersebut. Kalau semakin murah barang X, maka permintaan barang X akan bertambah.

2. Pendapatan Konsumen/Masyarakat

Pendapatan yang dimilki seseorang juga ikut mempengaruhi loh. Semakin tinggi pendapatan, maka daya beli akan semakin kuat sehingga permintaan terhadap suatu barang meningkat. Di sini tertulis daya beli ya. Jadi, kalau urusan akan membeli barang tersebut atau tidak tergantung individu.

3. Harga barang atau jasa terkait

Barang terkait di sini bersifat pengganti (substitusi) dan pelengkap (komplementer). Kok bisa harga barang terkait ikut mempengaruhi permintaan terhadap barang yang kita punyai? Begini penjelasannya.

Misalnya saya punya produk teh dan teman saya punya produk kopi. Kopi merupakan produk substitusi dari teh. Kalau harga kopi naik, orang-orang cenderung mengganti barang konsumsi mereka. Teh milik saya bisa menjadi pilihan.

Itu tadi contoh substitusi, kalau contoh barang komplementer, yakni gula dan teh. Kedua barang ini saling melengkapi saat dikonsumsi. Harga teh naik bisa menyebabkan permintaan gula turun. Itu disebut elastisitas silang negatif, akan kita bahas di lain artikel.

4. Ekspetasi harga pada masa depan

Misalnya ada suatu barang yang diprediksi akan naik harganya pada bulan depan. Itu mendorong orang-orang untuk membeli barang tersebut sekarang sebelum harganya naik. Jadi, permintaan barang tersebut akan naik.

5. Perkiraan pendapatan pada masa depan

Enggak jauh beda dengan penjelasan di atas.

6. Ekspetasi terhadap kesediaan barang pada masa depan

Ini seperti penjelasan nomor 4, tetapi bedanya bukan harga, tetapi kuantitas/quantity barang tersebut.

7. Selera konsumen

Nah, tadi di nomor 2 kita menjelaskan kalau masalah barang tersebut jadi dibeli atau tidak itu tergantung individu. Setiap individu memiliki selera yang berbeda-beda. Jadi, si A dan si B bisa berbeda jumlah permintaannya terhadap makanan Burger misalnya.

8. Faktor lain

Faktor yang mempengaruhi permintaan lainnya biasanya jarang muncul di pembahasan atau di soal-soal. Beberapa yang disebutkan di atas yang biasanya mendominasi soal.

Hukum Permintaan

Permintaan ini memiliki hukum. Bunyi hukum permintaan itu:

“Jika harga mengalami penurunan, maka jumlah permintaan akan suatu barang tersebut akan bertambah atau naik. Begitu pun sebaliknya. Jika harga mengalami kenaikan, maka jumlah permintaan akan mengalami penurunan.”

Jadi, kita dapat mengambil kesimpulan kalau dua faktor dalam hukum permintaan ini berbanding terbalik.

Fungsi Permintaan

Fungsi permintaan ini adalah hubungan antara jumlah kuantitas barang X yang diminta (Qdx) dengan sekumpulan variabel yang mempengaruhi permintaan dari barang tersebut.

bentuk fungsi permintaan

Buat keterangan aja nih:

  • Q = Jumlah barang yang diminta
  • P  = Harga barang per unit
  • a  = Angka konstanta
  • b  = Kemiringan/Gradien

Itu merupakan bentuk umumnya. Kalau bentuk dalam fungsi, maka wujudnya seperti ini.

QDx = f (Px, I, Pr, Pe, Ie, PAe, T, N, A, F, O)

Kurva Permintaan

Kalian sempat lihat bentuk kurva permintaan di artikel ini tepatnya gambar yang paling atas. Kurva permintaan ini menurun dari kiri atas ke kanan bawah.

Kalau penjelasannya, kurva permintaan adalah hubungan fungsional antara harga/price dengan kuantitas/quantity barang yang diminta.

Gambar kurva permintaan
Sumber: Researchgate.net

Coba kalian cermati, kalian akan mendapati bahwa semakin rendah harga suatu barang maka jumlah kuantitas barang yang diminta akan semakin banyak.

Sebab, pada saat harga barang masih terlalu tinggi, maka hanya sebagian orang saja yang mampu membelinya. Semakin turun harganya, maka semakin bertambah orang yang dapat membelinya.

Cara baca kurva permintaan ini; Saat harga barang 3000, kuantitas barang yang diminta sebanyak 0 sampai harga 500, jumlah barang yang diminta sebanyak 10.

Contoh gambar di atas ini merupakan bentuk pergerakan pada kurva permintaan yang disebabkan oleh perubahan harga itu sendiri teman-teman. Selain pergerakan, kurva permintaan bisa mengalami pergeseran yang disebabkan beberapa faktor.

Pergeseran Kurva Permintaan

pergeseran kurva permintaanKalau dilihat dari gambar di atas, pergeseran terjadi dari titik awal D ke D1 atau ke D2.

Jadi, apa yang menyebabkan kurva permintaan mengalami pergeseran baik ke kanan maupun ke kiri?

Perubahan Harga

Perubahan harga ini ada hubungannya dengan elastisitas atau kepekaan. Perubahan di sini disebabkan oleh barang lain. Jadi ini dibagi menjadi dua lagi, yakni:

1. Harga barang substitusi

Ini disebabkan perubahan harga barang pengganti barang yang kita punyai.

  • Ketika harga barang substitusi NAIK, maka kurva permintaan barang kita bergeser ke KANAN
  • Ketika harga barang substitusi TURUN, maka kurva permintaan barang kita bergeser ke KIRI

Fokus pada kata yang kita bold saya kalau ingin lebih mudah memahaminya. Biasanya soal-soal pergeseran kurva permintaan dan penawaran cukup sering muncul di SBMPTN.

Kita beri contoh soal: Apa yang terjadi pada kurva permintaan beras andai harga gandum naik?

Jawabannya: Kurva permintaan beras akan bergeser ke kanan. Ke kanan itu tandanya kuantitasnya naik teman-teman.

2. Harga barang komplementer

Kalau ini barang pelengkap dari barang yang kita miliki.

  • Ketika harga barang komplementer NAIK, maka kurva permintaan barang kita bergeser ke KIRI
  • Ketika harga barang komplementer TURUN, maka kurva permintaan barang kita bergeser ke KANAN

Jadi, beda keduanya terletak pada reaksi yang muncul der. Kalau substitusi berkebalikan, kalau komplementer sejalan.

Jumlah Penduduk

  • Jika jumlah penduduk suatu daerah BERTAMBAH, maka kurva permintaan akan bergeser ke KANAN
  • Jika jumlah penduduk suatu daerah BERKURANG, maka kurva permintaan akan bergeser ke KIRI

Kalau dilogika sih kita juga akan mudeng. Semakin banyak jumlah penduduk suatu daerah, maka potensi untuk membeli barang juga banyak. Oleh karena itu, kurva permintaan bergeser ke kanan karena bertambah banyak.

Pendapatan Masyarakat

Kok mbahas faktor lagi sih? Iya emang soalnya itu ada hubungannya dengan kurva.

  • Kalau pendapatan masyarakat NAIK, maka kurva permintaan akan bergeser ke KANAN
  • Kalau pendapatan masyarakat TURUN, maka kurva permintaan akan bergeser ke KIRI

Semakin banyak uang yang beredar, maka daya beli masyarakat juga akan naik. Ini ada hubungannya dengan kebijakan moneter di cabang ilmu ekonomi makro. Ntar nunggu dibahas Mulya wkwk.

Selera Konsumen

  • Andai selera akan suatu barang X TINGGI, maka kurva permintaan akan bergeser ke KANAN
  • Andai selera akan suatu barang X RENDAH, maka kurva permintaan akan bergeser ke KIRI

Perkiraan Harga yang Akan Datang

  • Jika perkiraan barang X akan NAIK pada yang akan datang, maka kurva permintaan akan bergeser ke KANAN
  • Jika perkiraan barang X akan TURUN pada yang akan datang, maka kurva permintaan akan bergeser ke KIRI

Itulah tadi apa saja faktor yang bisa menyebabkan kurva permintaan mengalami pergeseran entah ke kanan atau ke kiri.

Sekarang saatnya masuk ke penjelasan tentang Penawaran.

Teori Penawaran

Konsep dasar penawaran itu adalah sejumlah barang atau jasa yang dapat ditawarkan atau disediakan untuk dijual di pasar dengan tingkat harga tertenu dan dalam kurun waktu tertentu.

Penawaran terjadi ketika adanya permintaan. Oleh karena itu, permintaan dan penawaran merupakan dua aspek yang tidak dapat dipisahkan.

Faktor yang Mempengaruhi Penawaran

Selain permintaan, penawaran juga punya beberapa faktor yang dapat mempengaruhi perubahan kuantitasnya. Apa saja?

1. Harga barang itu sendiri

Harga barang itu sendiri menyebabkan pergerakan pada kurva penawaran. Seperti pada kurva permintaan juga.

2. Harga bahan baku

Kalau permintaan dilakukan oleh konsumen. Sebaliknya, penawaran disediakan oleh produsen. Dalam memproduksi suatu barang pasti membutuhkan bahan baku. Oleh karena itu, harga bahan baku akan sangat mempengaruhi produksi.

3. Biaya produksi

Ini juga berhubungan dengan penjelasan sebelumnya.

4. Pajak

Apalagi kalau perusahaan manufacturing yang sudah besar mah pasti kompleks urusan pajaknya.

5. Subsidi

Kalau pajak kita yang harus membayar ke pemerintah. Sebaliknya, subsidi kita justru yang menerima bantuan dari pemerintah. Biasanya sih subsidi dalam proses produksi.

6. Jumlah penjual

Bayangin deh kalau kalian berada dalam pasar Oligopoli dengan menjual produk baju. Semakin bertambahnya penjual dalam pasar tersebut, maka dapat mempengaruhi jumlah penawaran yang dapat kalian sediakan.

7. Teknologi

Faktor yang ini ada hubungannya dengan proses produksi. Teknologi yang semakin maju tentu memudahkan produksi sehingga bisa lebih efektif dan efisien.

Hukum Penawaran

Bagaimana bunyi hukum penawaran atau dalam bahasa Inggris-nya The Law of Supply?

“Jika harga suatu barang naik, maka jumlah barang yang dapat ditawarkan akan bertambah atau meningkat juga. Namun, apabila harga suatu barang turun, maka jumlah barang yang ditawarkan akan berkurang.”

Fungsi Penawaran

Hubungan antara harga dan barang pada kurva penawaran ini berbanding lurus. Kalau mau tahu hubungannya bisa lihat gambar di bawah ini.

bentuk fungsi penawaran

Keterangan aja juga sama seperti pada fungsi permintaan:

  • Q = Jumlah barang yang diminta
  • P  = Harga barang per unit
  • a  = Angka konstanta
  • b  = Kemiringan/Gradien

Kurva Penawaran

Tadi kalian sudah lihat bentuk kurva permintaan. Kalau kurva permintaan dimulai dari kiri atas ke kanan bawah. Berbeda dengan kurva penawaran yang bergerak dari kiri bawah ke kanan atas.

pergeseran kurva penawaran
Sumber: ajarekonomi.com

Cara membacanya seperti ini (lihat yang S atau supply ya):

Ketika harganya $30 maka kuantitas yang disediakan sebanyak 4 buah. Lalu datang faktor dari luar yang membuat kurva penawaran bergerak ke kiri sehinngga harga mengalami naik ke $35 dan kuantitas justru berkurang menjadi 3 karena tidak dibarengi peningkatan permintaan.

Oh iya, faktor apa saja yang mempengaruhi pergeseran kurva penawaran?

Faktor yang Mempengaruhi Pergeseran Kurva Penawaran

Upah/Gaji

  • Jika gaji karyawan pada suatu perusahaan NAIK, maka kurva penawaran bergeser ke KIRI
  • Jika upah karyawan pada suatu perusahaan TURUN, maka kurva penawaran bergeser ke KANAN

Sebab, jika perusahaan mengeluarkan sedikit untuk gaji, maka alokasi budget-nya bisa dialihkan ke produksi barang atau hal lainnya.

Harga Bahan Baku

  • Jika harga bahan baku untuk produksi NAIK, maka kurva penawaran bergeser ke KIRI
  • Jika harga bahan baku untuk produksi TURUN, maka kurva penawaran begeser ke KANAN

Biaya Produksi

  • Kurva penawaran akan bergeser ke KIRI juga pada saat biaya produksi mengalami KENAIKAN
  • Kurva penawaran akan bergeser ke KANAN juga apabila biaya produksi mengalami PENURUNAN

Pajak

  • Apabila pajak yang diterima perusahaan NAIK, maka kurva penawaran mengalami pergeseran ke KIRI
  • Apabila pajak yang diterima perusahaan TURUN, maka kurva penawaran mengalami pegeseran ke KANAN

Subsidi

  • Andai subsidi BERTAMBAH, maka kurva penawaran bergeser ke KANAN
  • Andai subsidi BERKURANG, maka kurva penawaran akan bergeser ke KIRI

Teknologi

  • Teknologi yang semakin MAJU membuat kurva penawaran bergeser ke KANAN
  • Teknologi MUNDUR membuat kurva penawaran bergeser ke KIRI

Jumlah Penjual

  • Kalau jumlah penjual BANYAK membuat kecenderungan penjual baru masuk pasar, kurva bergeser ke KANAN
  • Kalau jumlah penjual SEDIKIT menandakan barang yang dijual tidak terlalu banyak, kurva bergeser ke KIRI

Oh ya, baik faktor yang mempengaruhi permintaan maupun penawaran itu Cateris Paribus ya teman-teman. Maksudnya itu faktor lain dianggap tetap. Misalnya kalau bicara faktor pendapatan masyarakat, berarti selain faktor itu dianggap tidak mempengaruhi atau tetap.

Pembahasan terakhir dari materi kita kali ini adalah tentang Harga Keseimbangan.

Apa Itu Harga Keseimbangan

Harga keseimbangan adalah harga yang telah disepakati oleh konsumen dan produsen di pasar setelah melewati proses negosiasi. Biasanya harga keseimbangan disimbolkan dengan huruf Ep (Equilibrium Price)

Nanti harga keseimbangan ini ada hubungannya dengan materi Intervensi Pasar. Isi materinya antara lain Excess Demand dan Excess Supply.

Oke, sebelum kita mengakhiri materi ini mari kita latihan soal yuk, nggak banyak kok.

Contoh Soal Essay Permintaan dan Penawaran

  1. Apa yang terjadi pada kurva permintaan ketika masyarakat memutuskan untuk mempunyai banyak anak?
  2. Indikator utama barang-barang yang semakin langka adalah? (SBMTPN 2017 Kode 323 No. 46)
  3. Jika pemerintah menaikkan pajak kendaraan sepeda motor maka permintaan terhadap angkutan umum akan?

Jawaban:

  1. Seperti yang telah kita jelaskan di bab “Pergeseran Kurva Permintaan”, kalau jumlah penduduk bertambah maka kurva permintaan akan bergeser ke kanan.
  2. Indikator utamanya adalah harganya yang semakin mahal. Coba saja kalian beli buah durian di saat tidak lagi masa panen, pasti harganya lebih mahal daripada waktu masa panen.
  3. Ini materi elastisitas silang sebenarnya. Kalau pajak kendaraan sepeda motor, maka permintaan terhadap angkutan umum akan naik. Sebab, orang cenderung enggan membeli motor baru dan lebih memilih naik angkutan umum.

Leave a Reply

Close Menu